Sebaran PLTA di Indonesia (Pembangkit Listrik Tenaga Air)

Pembangkit Listrik Tenaga Air di Indonesia
PLTA Sempor Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Indonesia tergolong cukup tinggi. Beberapa faktor yang ikut mendukungnya salah satunya karena faktor iklim. Iklim di Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi sepanjang tahun terutama pegunungan dan perbukitan sebagai sumber utamanya sebuah aliran sungai. Debit aliran sungai yang memiliki karakteristik stabil dan kuat dapat mendukung pengoperasian PLTA karena pada penggerak pembangkit listrik ini adalah air.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah fasilitas yang memanfaatkan energi kinetik dari aliran air untuk menghasilkan listrik. Air yang mengalir dari ketinggian tertentu menggerakkan turbin, yang kemudian menggerakkan generator untuk memproduksi energi listrik. 

Disamping itu, wilayah Indonesia memiliki ciri geografis yang kaya akan sungai besar, antara lain Sungai Mahakam, Sungai Musi, dan Sungai Asahan, sehingga memiliki kemampuan yang sangat besar untuk pembangunan PLTA.

(Baca juga:  Potensi, Contoh, dan Perbedaan Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia)

Secara umum daerah-daerah di Indonesia terutama daerah-daerah di pulau-pulau besar dapat dikatakan memiliki kemampuan cukup tinggi untuk dibangun pembangkit listrik tenaga air.

A. Faktor - Faktor yang mendukung Pemanfaatan PLTA di Indonesia

Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Air di Indonesia didukung oleh berbagai faktor, yaitu:

  1. Iklim Tropis dengan Curah Hujan Tinggi

    Indonesia memiliki iklim tropis dengan tingkat curah hujan yang tinggi, terutama pada daerah pegunungan. Hal ini tercipta menjadi sumber air yang stabil dan sangat mendukung-operasional Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Curah hujan yang konsisten menjaga aliran sungai tetap stabil sehingga memungkinkan pembangkit listrik bisa beroperasi secara berkelanjutan.
    (Baca juga : Tantangan Penerapan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) untuk Mengatasi Masalah Lingkungan)

  2. Ketersediaan Sungai dan Danau Besar

    Indonesia memiliki sungai-sungai besar seperti Sungai Mahakam, Sungai Musi, dan Sungai Asahan. Ia juga memiliki danau-danau besar seperti Danau Toba sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya air untuk PLTA. Tahukah Anda, lokasi-lokasi potensial untuk pembangunan PLTA banyak terletak di beberapa wilayah di Indonesia ini yang kaya akan sumber air tersebut.
  3. Topografi yang Mendukung

    Wilayah pegunungan, perbukitan oleh Indonesia menyediakan ketinggian yang ideal untuk memanfaatkan energi gravitasi dari air. Air mengalir dari ketinggian yang dan memiliki energi potensial signifikan dapat digunakan untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik.

B. Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Indonesia

Distribusi PLTA di Indonesia tidak merata di antara pulau-pulau utama. Pulau Jawa mendominasi dari segi kapasitas total PLTA, dengan PLTA Cirata (1.000 MW) dan Saguling (700 MW) yang memberikan kontribusi besar terhadap pasokan listrik di Jawa. Pulau Sumatra juga memiliki banyak PLTA dengan kapasitas besar, namun sebarannya lebih merata di berbagai provinsi. Sumatra memanfaatkan sungai-sungai besar seperti di PLTA Batang Toru (510 MW) dan Sigura-gura (120 MW).

Sebaran PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) di Indonesia

Pulau Kalimantan memiliki beberapa proyek PLTA besar seperti Kayan (900 MW) dan Riam Kanan (105 MW), namun jumlah PLTA di wilayah ini lebih sedikit dibandingkan Sumatra dan Jawa. Sulawesi memiliki potensi besar dengan PLTA Bakaru (400 MW), Poso-2 (395 MW), dan Larona (160 MW). Sementara itu, Papua memiliki PLTA yang lebih terbatas seperti Baliem Valley (100 MW), tetapi masih berpotensi untuk pengembangan lebih lanjut.

Bali dan Nusa Tenggara tidak memiliki PLTA yang tercatat dalam data ini, yang menunjukkan bahwa mereka mungkin lebih bergantung pada sumber energi lain seperti tenaga surya atau diesel.

  1. Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sumatera

    Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sumatera adalah salah satu pulau dengan potensi PLTA terbesar di Indonesia, karena memiliki banyak sungai besar seperti Sungai Asahan dan Sungai Musi. PLTA Asahan merupakan salah satu proyek terbesar di pulau ini, memanfaatkan aliran Sungai Asahan yang berasal dari Danau Toba. PLTA besar seperti Batang Toru (510 MW), Sigura-gura (120 MW), dan Simarboru (510 MW) berkontribusi signifikan terhadap kapasitas listrik wilayah ini.
    (Baca juga : Pemanfaatan Sumber Daya Air di Lingkungan)
  2. Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Jawa

    Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Jawa, meskipun memiliki populasi padat, juga memiliki potensi PLTA yang signifikan.  Cirata (1.000 MW) dan Saguling (700 MW), dan PLTA Jatiluhur  (150 MW) di Jawa Barat adalah contoh pembangkit listrik besar yang memanfaatkan potensi air dari sungai-sungai di kawasan ini. Kebutuhan energi yang besar di Jawa membuat PLTA menjadi salah satu solusi penting dalam memenuhi permintaan listrik.
  3. Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kalimantan

    Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kalimantan memiliki banyak sungai besar seperti Sungai Mahakam yang dimanfaatkan untuk proyek PLTA. Wilayah ini memiliki potensi besar untuk pengembangan energi air, meskipun infrastrukturnya masih dalam tahap pengembangan. Beberapa proyek PLTA di Kalimantan seperti Kayan (900 MW) dan Riam Kanan (105 MW) dirancang untuk memenuhi kebutuhan listrik lokal dan juga untuk mendukung pengembangan kawasan industri di masa depan.
  4. Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sulawesi

    Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sulawesi juga memiliki topografi yang mendukung pembangunan PLTA, terutama di wilayah pegunungan dan sungai-sungai besar seperti Sungai Larona.Bakaru (400 MW), Poso-2 (395 MW), dan Larona (160 MW) adalah salah satu proyek besar yang menyediakan energi untuk kawasan industri di sekitarnya.
    (Baca juga : Pola Aliran Sungai dan Berbagai Contohnya di Indonesia)
  5. Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Papua

    Sebaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Papua, dengan kondisi geografisnya yang kaya akan sumber daya air, memiliki potensi besar untuk pengembangan PLTA. Salah satunya PLTA Orya di Sentosa, Kec. Unurum Guay, Kabupaten Jayapura, Papua

C. Ketinggian Jatuh (Head) dan Debit Minimum untuk membangun PLTA?

Dibutuhkan indikator-indikator yang sesuai untuk merencakan PLTA secara komersial. Biasanya pada sistem mikrohidro dengan kepala rendah (low-head), diperlukan ketinggian jatuh air minimal 2 meter dan debit rata-rata 2,07 m³/detik. Sebagai gambaran, ini setara dengan sungai kecil yang memiliki lebar sekitar 7 meter dan kedalaman 1 meter di bagian tengahnya.Sedangkan lokasi dengan ketinggian jatuh air 25 meter, debit yang diperlukan jauh lebih kecil, yaitu sekitar 166 liter/detik. Sungai di lokasi ini biasanya berukuran lebih kecil, dengan lebar 2-3 meter dan kedalaman sekitar 400 mm di bagian tengah.

Contoh bangunan PLTA

(Baca juga : Koefisien Limpasan (Nilai C Debit))

Secara teknis, pengembangan lokasi pembangkit listrik tenaga air dengan daya keluaran yang lebih kecil memang mungkin dilakukan, tetapi tantangan ekonominya semakin besar, terutama untuk lokasi dengan kepala rendah. Jika ketinggian jatuh air turun hingga 1,5 meter, umumnya sulit untuk mendapatkan keuntungan, meskipun secara teknis situs tersebut masih dapat dikembangkan dengan teknologi, seperti sekrup Archimedes atau kincir air modern.

Tabel di bawah ini menunjukkan kebutuhan debit rata-rata untuk berbagai ketinggian jatuh air (head) dari 2 hingga 100 meter, dengan kapasitas daya maksimum 100, 50, 25, 10, dan 5 kW. Kapasitas 25 kW

Maksimum Daya yang dihasilkan (kW)

5 10 25 50 100
Head (m) Debit Minimum (m3/sec)
2 0,340 0,680 1,699 3,398 6,796
5 0,136 0,272 0,680 1,359 2,718
10 0,068 0,136 0,340 0,680 1,359
50 0,014 0,027 0,070 0,136 0,272
100 0,006 0,014 0,034 0,068 0,136
(Sumber: https://renewablesfirst.co.uk/)


close